Kenali 10 Tanda-tanda Kehamilan Muda - Referensi dari SehatQ

Mengenali tanda-tanda kehamilan muda bisa mencegah dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Untuk itu kenali 10 tanda-tanda kehamilan muda berikut ini.

Setiap perempuan mungkin saja akan mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda-beda. Apalagi pada masa-masa awal kehamilan atau kehamilan muda. Apa yang pernah dialami oleh seseorang ketika hamil, mungkin saja tidak dialami oleh ibu-ibu yang lainnya. Namun, tidak ada salahnya jika kita mengenali tanda-tanda hamil muda demi untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

Selain terlambat datang bulang atau haid, berikut ini adalah beberapa daftar tanda-tanda kehamilan muda yang berhasil saya kutip dari beberapa sumber artikel kesehatan termasuk dari SehatQ.

Tanda-tanda hamil muda yang bisa dikenali

10 Tanda-tanda Kehamilan Muda

Karena tanda-tanda Kehamilan muda ini sedikit lebih susah dikenali, maka bisa saja tanda-tanda dibawah ini mungkin tidak anda alami. Namun, setidaknya ada 10 tanda berikut yang hampir semua perempuan yang sedang hamil mengalaminya. Tanda-tanda itu antara lain:

1. Perubahan Pada Payudara

Kita bahas mulai dari bagian yang paling atas dulu yaitu pada bagian Payudara. Awal kehamilan dapat meningkatkan produksi hormon estrogen. Hal inilah yang dapat membuat payudara Anda terasa lebih sensitif, padat, dan kencang. Bagian Puting pun akan terlihat lebih menonjol dari biasanya serta berwarna agak lebih gelap, dan biasanya pembuluh darah lebih tampak di permukaan kulit payudara.

2. Perut Kram

Salah satu tanda hamil muda lainnya adalah pada bagian perut. Pada Bagian Perut biasanya akan sesekali mengalami kram perut ringan. dan biasanya kram ini muncul dibarengi dengan flek darah yang mungkin saja menandakan implantasi. Implantasi ini adalah kejadian ketika sel telur yang telah berhasil dibuahi menanamkan dirinya ke dalam dinding rahim dan mulai membangun plasenta dan juga embrio.

12 Alat Gratis dan Terbaik Untuk Riset Keyword
Ada 12 tool atau alat gratis dan terbaik yang bisa kita gunakan dalam strategi SEO terutama untuk masalah riset keyword. Apa sajakan ke-12 alat itu?
12 Alat Gratis dan Terbaik Untuk Riset Keyword

3. Perut Mudah Kembung

Masih pada bagian perut, tanda berikutnya biasanya perut sering terasa kembung. perut kembung ini biasanya disebabkan akibat meningkatnya hormon progesteron, dimana hormon inilah yang menyebabkan sistem pencernaan kita melambat. Sama halnya seperti pada kram perut, perut kembung juga sebenarnya murupakan salah satu gejala menstruasi yang paling umum.

4. Perut Sembelit

Dibagian perut, tanda lainnya juga bisa saja Perut anda sembelit. Perubahan hormon progesteron tadi yang menghambat sistem pencernaan Anda melambat, maka selanjutnya akan berakhir menjadi kondisi sembelit. Oleh karena itu, biasanya ketika wanita sudah diketahui hamil, biasanya dokter akan menyarankan anda untu memperbanyak makan makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran hijau.

5. Perut Mual

Tanda-tanda hamil muda yang paling umum dirasakan oleh para wanita adalah perut terasa mual terutama di pagi hari sehingga tanda ini lebih dikenal sebagai morning sickness. Namun, meskipun namanya morning sickness, tanda-tanda hamil muda ini juga sering terjadi sepanjang hari bagi sebagian orang, baik pada siang, sore, atau bahkan malam hari.

6. Lebih Sering Buang Air Kecil

Di masa awal kehamilan, kebanyakan wanita akan lebih sering ingin buang air kecil, terutama pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon HCG (human chorionic gonadotropin), yaitu salah satu hormon kehamilan yang mengakibatkan produksi urine bertambah yang disertai dengan pembesaran ukuran rahim. Pembesaran rahim ini yang akan menekan kantong kemih sehingga paling sering merasakan ingin buang air kecil.

7. Lebih Cepat Lelah

Rasa lelah yang muncul pada awal kehamilan umumnya disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron tadi. Selain sistem pencernaan melambat, hormon ini juga berpengaruh pada peningkatan jumlah darah dan detak jantung yang menyebabkan tubuh ibu hamil cepat lelah.

Lebih Cepat Lelah adalah tanda hamil muda

Untuk itu, bagi anda yang mengalami hal seperti ini, maka Anda perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi serta dapat mengatur waktu kerja dengan mencukupi waktu istirahat Anda. Hindari juga olahraga atau aktivitas fisik yang terlalu berat serta batasi juga konsumsi kafein seperti kopi dan sejenisnya karena bisa membahayakan kondisi sijanin.

8. Sensitif Terhadap Bau

Tidak hanya mual atau muntah, akibat perubahan jumlah hormon HCG di trimester pertama diduga juga dapat memengaruhi sistem syaraf yang bertugas untuk menghantarkan sinyal bau kepada otak. Kondisi inilah yang membuat indra penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif terutama terhadap bau-bau tertentu. misalnya parfum atau minyak wangi, bau aroma masakan, serta asap rokok. Akibat sensitifnya ibu hamil ini terhadap bau, maka ibu hamil muda biasanya juga akan menjadi kehilangan nafsu makannya. Nah jika Anda mengalami demikian, cobalah untuk tetap mengonsumsi makanan berupa camilan, seperti biskuit tanpa perasa ataupun roti gandum.

9. Suasana Hati yang Mudah Berubah

Perubahan hormon juga dapat membuat Anda merasa jauh lebih emosional. Suasana hati yang cepat berubah tanpa ada alasan yang jelas, bisa juga menjadi salah satu tanda dari kemungkinan anda sedang hamil.

10. Keluar Bercak Darah dari Vagina

Tanda terakhir pada awal kehamilan terkadang diawali dengan munculnya bercak darah yang keluar dari vagina. Bercak darah atau flek dari vagina ini bisa menjadi tanda bahwa sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim. Untuk itu, jika anda mengalami hal demikian, bisa jadi anda saat ini sedang mengalami hamil muda.

Itulah beberapa tanda-tanda kehamilan muda yang biasa terjadi pada sebagian orang. Dari ke10 tanda tersebut, bisa saja anda hanya mengalaminya beberapa saja, jadi tidak harus menunggu ke10 tanda tersebut baru dikatakan hamil. Bahkan ada beberapa orang yang tidak merasakan sama sekali tanda-tanda diatas, namun mereka tetap sehat dan aman-aman saja proses kehamilannya.

Namun Jika Anda masih ragu terhadap tanda-tanda kehamilan yang anda dialami, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung dan memeriksakan diri ke dokter untuk mengonfirmasi kehamilan anda.

ArRahim

"Berbagi itu bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya hal yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri".

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama